PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN ANJIR SERAPAT MUARA 1.3

Rustinah Rustinah

Abstract


Setelah dilakukan observasi di SDN Anjir Serapat Muara I.3 kecamatan Anjir Muara, penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar murid, salah satunya adalah dari hasil ulangan harian hanya 8 (53%) dari jumlah siswa 15 orang siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Serta kurangnya Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students teams achievement divisions) untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan.  Hasil dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students teams achievement divisions) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.