PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS III

Suhartini Suhartini

Abstract


Pada era globalisasi ini pendidikan merupakan hal yang sangat penting
dikarenakan pendidikan merupakan tonggak utama untuk menunjang
suatu bangsa. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran diperlukan sebuah
strategi. Strategi pembelajaran merupakan cara yang dapat dilakukan oleh
pendidik agar proses belajar mengajar berjalan dengan efektif. Latar belakang
masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada
materi Asma’ul Husna karena stategi pembelajaran yang digunakan masih
kurang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan
strategi Index Card Match dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi
Asma’ul Husna pada siswa kelas III di SDN Nanga Bulik 6.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B SDN Nanga Bulik 6 yang berjumlah
22 peserta didik yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 13 siswa
perempuan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, setiap
siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Dalam penelitian ini terdapat empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata hasil belajar
siswa mengalami peningkatan. Diketahui bahwa nilai KKM yang telah ditentukan
dari sekolah sebesar 70. Pada pra siklus diketahui sebanyak 12 siswa belum
tuntas dengan presentase 55% dan 10 siswa yang telah tuntas dengan
presentase 45%. Pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 15 siswa yang
tuntas dengan presentase 68% dan 7 siswa yang belum tuntas dengan
presentase 32%. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak
20 siswa dengan persentase 91% dan 2 siswa yang belum tuntas dengan
persentase 9%. Oleh karena itu, strategi Index Card Match dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada materi Asma’ul Husna di kelas III B SDN Nanga Bulik 6.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.