PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS III

Suhartini Suhartini

Abstract


Pada era globalisasi ini pendidikan merupakan hal yang sangat penting dikarenakan pendidikan merupakan tonggak utama untuk menunjang suatu bangsa. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran diperlukan sebuah strategi. Strategi pembelajaran merupakan cara yang dapat dilakukan oleh pendidik agar proses belajar mengajar berjalan dengan efektif. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi Asma’ul Husna karena stategi pembelajaran yang digunakan masih kurang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan strategi Index Card Match dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Asma’ul Husna pada siswa kelas III di SDN Nanga Bulik 6.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B SDN Nanga Bulik 6 yang berjumlah 22 peserta didik yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Diketahui bahwa nilai KKM yang telah ditentukan dari sekolah sebesar 70. Pada pra siklus diketahui sebanyak 12 siswa belum tuntas dengan presentase 55% dan 10 siswa yang telah tuntas dengan presentase 45%. Pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 15 siswa yang tuntas dengan presentase 68% dan 7 siswa yang belum tuntas dengan presentase 32%. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 20 siswa dengan persentase 91% dan 2 siswa yang belum tuntas dengan persentase 9%. Oleh karena itu, strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asma’ul Husna di kelas III B SDN Nanga Bulik 6.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.