PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TAHARAH DARI HADAS

Titin Purwaningsih

Abstract


Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran PAI yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi tentang Taharah. Salah satu penyebabnya yaitu model pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional dan kurang berpusat pada aktivitas siswa. Sehubungan dengan itu Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII-A SMPN 10 Muara Teweh melalui model pembelajaran mind mapping dan demonstrasi pada materi Taharah dari Hadas. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 7 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pembelajaran Mind Mapping dan Demonstrasi pada materi Taharah dari Hadas terlaksana dengan baik dan lancar. Terdapat perubahan yang positif pada sikap, semangat, keaktifan,  dan pemahaman siswa. Pada Siklus I, nilai hasil catatan laporan kegiatan siswa masih sebesar 54,08%, pada pelaksanaan Siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,63%. Hasil penelitian nilai rata-rata setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu  62,85 % tetapi belum mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil Siklus II sebesar 88,57 %. Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan belajar menyenangkan dan penggunaan metode belajar yang tepat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.