UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI JUJUR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 MUARA TEWEH

Sarini Wahdah

Abstract


Keberhasilan suatu proses pendidikan sangat ditentukan oleh guru, siswa dan lingkungan. Realitas yang terjadi pada proses pembelajaran di SMPN 8 Muara Teweh lebih mengarah pada pembelajaran yang pasif dengan guru lebih banyak ceramah dan diakhiri dengan tanya jawab, hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa belum memenuhi standar KKM  yang ditetapkan. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencari metode pembelajaran yang tepat dan sesuai yaitu menggunakan model Discovery Learning. Maka penelitian ini mengkaji tentang: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi jujur Dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VII SMPN 8 Muara Teweh..

Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar guru, sehingga mampu menghasilkan siswa-siswa yang berprestasi dan permasalahan- permasalahan yang ada didalam proses pembelajaran dapat terselesaikan. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMPN 8 Muara Teweh,yang jumlah siswanya adalah 6 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Penulis menganalisis data dengan cara: membandingkan pencapaian nilai dengan KKM yaitu 70 dan pencapaian hasil belajar 80%.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Discovery learningt dapat meningkatkan hasil belajar Materi Kejujuran pada siswa kelas VII SMPN 8 Muara Teweh  dan membantu guru untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil rata-rata pada setiap siklusnya yaitu  pada siklus I yaitu 61,67 dan siklus II yaitu 83,33. Dari hasil tes perolehan nilai tertingginya juga meningkat yaitu pada siklus I nilai tertinggi 80 dan meningkat di siklus II nilai tertinggi 100.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.