UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI JUJUR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA SMPN 8 MUARA TEWEH
Abstract
Keberhasilan suatu proses pendidikan sangat ditentukan oleh guru, siswa dan lingkungan. Realitas yang terjadi pada proses pembelajaran di SMPN 8 Muara Teweh lebih mengarah pada pembelajaran yang pasif dengan guru lebih banyak ceramah dan diakhiri dengan tanya jawab, hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi jujur siswa KelaS VII ”. Berdasarkan rumusan masalah yang ditetapkan, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi jujur siswa Kelas VII. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 8 Muara Teweh,yang jumlah siswanya adalah 6 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Penulis menganalisis data dengan cara: membandingkan pencapaian nilai dengan KKM yaitu 70 dan pencapaian hasil belajar 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar Materi jujur pada siswa kelas VII SMPN 8 Muara Teweh dan membantu guru untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil rata-rata pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I yaitu 61,67 dan siklus II yaitu 83,33. Dari hasil tes perolehan nilai tertingginya juga meningkat yaitu pada siklus I nilai tertinggi 80 dan meningkat di siklus II nilai tertinggi 100.
Full Text:
PDFReferences
Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257
Budiningsih, Asri. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Departemen Agama RI, Syaamil Al-Quran: Al-Qur’an Terjemah Per Kata. Jakarta: Sygma.
Hamruni. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga
Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oemar, Hamalik. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Purwanto, Ngalim 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2000. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Surawan. (2020). Dinamika Dalam Belajar : Sebuah Kajian Psikologi Penelitian. Yogyakarta : K-Media.
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.