MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI & BP KD MEYAKINI HARI AKHIR MENGAKHIR KEBIASAAN BURUK MELALUI TEKNIK ATM (AMATI, TIRU DAN MODIFIKASI) DI KELAS IX SMP NEGERI 3 SATAP SIMPANG EMPAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Anton Sujarwo

Abstract


Kemampuan akademik dan Hasil Belajar Materi Meyakini Hari Akhir Mengakhiri Kebiasaan Buruk Siswa Kelas IX di SMP Negeri 3 Satap Simpang Empat belum begitu menonjol. Dari segi akademik, kemampuannya masih pada posisi cukup. Teknik ATM yakni Teknik Amati, Tiru, dan Modifikasi digunakan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI dan BP.

Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif. Rancangan penelitian metode campuran (mixed methods research design). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi dan metode tes. Serta, metode analisis data pada penelitian ini adalah metode deskriptif.

Hasil pada siklus I, kriteria kemampuan hasil belajar siswa tergolong baik karena mencapai skor 267,sedangkan hasil pada siklus II, skor yang diperoleh 392. Pada siklus I skor yang diperoleh dari observasi guru adalah 159 sedangkan pada siklus II adalah 392. Dari hasil tersebut peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa skor yang diperoleh telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan, Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai 93,3 %. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80% , maka penelitian ini sudah dinyatakan tuntas pada siklus II.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.