PENERAPAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN SURAH AT-TIN DI KELAS V SDN-1 BERINGIN RAYA

Ahmad Isnaini

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana Penerapan metode ceramah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca al-Qur’an pada siswa Kelas V SDN-1 Beringin Raya Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan metode ceramah, mendiskripsikan langkah-langkah metode ceramah serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui metode ceramah dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas V SDN-1 Beringin Raya Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus I dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan dengan menggunkan metode ceramah.

Hasil penelitian menunjukkan Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus II ini ketuntasan belajar secara klasikal telah megalami peningkatan lebih baik dari siklus I. Adanya peningkatan hasil belajar siswa ini karena setelah guru menginformasikan bahwa setiap akhir pelajaran akan selalu diadakan tes sehingga pada pertemuan berikutnya siswa lebih termotivasi untuk belajar. Selain itu siswa juga sudah mulai mengerti apa yang dimaksudkan dan diinginkan guru dengan menerapkan metode ceramah.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan Ceramah merupakan salah satu metode mengajar yang paling banyak digunakan dalam prosesbelajar mengajar. Metode ceramah ini dilakukan dengan cara menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik secara langsung atau dengan cara lisan. Penggunaan metode ini sifatnya sangat praktis dan efisien bagi pemberian pengajaran yang bahannya banyak dan mempunyai banyak peserta didik. Metode ceramah merupakan cara mengajar yang paling tradisional dan telah lama dijalankan dalam sejarah pendidikan, oleh karena itu metode ini boleh dikatakan sebagai metode pengajaran  tradisional karena  sejak dulu   metode   ini  digunakan sebagai alat komunikasi guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Dalam penerapan metode ceramah ada perlu dengan memperhatikan tahap-tahap seperti Melakukan pendahuluan, Menyajikan bahan/ materi baru dan Menutup pelajaran pada akhir pelajaran. Penggunaan metode ceramah sangat efektif pada sekolah yang tergolong pada 3T dimana sarana dan prasarana sangat minim, meskipun demikian dengan metode ceramah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.