UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ORANG JUJUR DISAYANG ALLAH DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING

Ocky Hendrawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan cooperative learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI materi Orang jujur disayang Allah kelas V di SDN 1 Luwe Hilir.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas V di SDN 1 Luwe hilir. Dari hasil observasi melalui prasiklus dapat diketahui metode yang digunakan belum mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung,dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Obyek penelitian ini adalah di SDN 1 Luwe Hilir. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas V yang berjumlah 8 peserta didik.

Penelitian ini dilaksanakan tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I, siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai prosentase 41,6 % dan rata-rata tes akhir 65. Pada siklus I keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 66,6 % dan rata-rata tes akhir 68. Pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 78,57% dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 75. Dari tiga tahap tersebut terlihat bahwa adanya peningkatan setelah diterapkan model cooperative learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.