MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI BERIMAN KEPADA HARI AKHIR DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PAI materi beriman pada hari akhir terutama dalam mengidentifikasi makna, macam-macam hari akhir, dan juga hikmah dibalik hari akhir, yang mengakibatkan hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Hal ini disebabkan pembelajaran materi beriman pada hari akhir yang abstrak, sarana dan prasarana siswa yang terbatas, siswa malu dalam bertanya sesuatu yang tidak dimengerti, dan kurangnya bimbingan yang dilakukan guru juga ceramah di depan kelas tanpa adanya variasi ataupun inovasi yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru, mengetahui aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Meho. Penelitian ini dilaksanakan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 2 kali pertemuan tiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar materi beriman kepada hari akhir dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas VI SDN Meho meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada guru agar menggunakan model-model pembelajaran dalam mengajar untuk meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan juga hasil belajar siswa sehingga jadi lebih optimal.
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum
Jakarta: Prestasi Pustaka karya.
Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257
Arikunto, Suharsimi. Suhardjono, dan Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Daradjat Zakiah, Ilmu Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2012 Dirman dan Cicih Juarsih. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsp. Pembelajaran yang mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamka Abdul Aziz, 2012, Pendidikan Karakter Burpusat Pada Hati, Jakarta: Al
Mawardi.
Husamah,dan Yanuar Setyaningrum. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis
Pencapaian Kompetensi. Cetakan Pertama, Penerbit : Prestasi Pustakaraya,
Jakarta.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:Rajawali Pers.
Kurniasih dan Sani (2014, hlm. 68-71). Langkah-langkah Discovery Learning. Diakses pada tanggal 3 Maret 2016 dari https://www.scribd.com/doc/315886198
/Gabungan-Model-Pembelajaran-Discovery-Learning
Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surawan. (2020). Dinamika Dalam Belajar : Sebuah Kajian Psikologi Penelitian. Yogyakarta : K-Media.
Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Thobroni. (2015) M. Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.