PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN SUNGAI PUNGGU BARU 2

Misriadi Misriadi

Abstract


Latar belakang penelitian ini karena pembelajaran yang berpusat pada guru dan penggunaan metode yang kurang variatif,sehingga kurang motivasi siswa sehingga tidak mencapai KKM.

Tujuan penelitian untuk: (1) Untuk mengetahui penerapan metode snowball throwing Kelas VI SD Pada Mata pelajaran PAI materi zakat di SDN Sungai Punggu Baru 2 (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD pada mata pelajaran PAI materi zakat di SDN Sungai Punggu Baru 2.

Subjek penelitian yaitu guru sekaligus menjadi peneliti serta kolaborator. Berlokasi di SDN Sungai Punggu Baru 2 Kabupaten Barito Kuala. Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan alur Kemmis & Taggart sebanyak 2 siklus.

Hasil penelitian  terdapat peningkatan aktivitas siswa dan guru serta hasil belajar.  Aktivitas siswa siklus 1 yaitu 50%(kurang aktif) dan siklus 2 yaitu 87,5(sangat aktif). Aktivitas guru pada pertemuan 1 yaitu 50%(kurang baik) dan siklus 92,5(sangat baiik). Pada hasil belajar  siklus I pertemuan 1 rata-rata yaitu 61,25%, meningkat pada siklus I pertemuan 2 yaitu 66,25%. Siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata yaitu 75% dan meningkat pada siklus II pertemuan 2 mencapai di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya yaitu > 70 dengan rata-rata kelas 100% dengan nilai rata-rata klasikal 90.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.