PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI TAHARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII C SMPN 4 TANJUNG

Nurul Hikmah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi taharah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran terbilang monoton karena guru masih menggunakan metode pengajaran yang tidak bervariasi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.                      

         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan  hasil belajar siswa sebelum menggunakan Problem Based Learning  Materi Taharah dikelas VII C SMPN 4 Tanjung , (2) peningkatan hasil belajar siswa sesudah menggunakan Problem Based Learning Materi Taharah dikelas VII C SMPN 4 Tanjung  ,dan, (3) penerapan Problem Based Learning Materi Taharah dikelas VII C SMPN 4 Tanjung.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa pada materi taharah sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tergolong sangat rendah, terbukti hanya 1 orang saja yang mampu mencapai KKM dengan nilai rata-rata 40,57 atau 11,53 % (2) Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning meningkat dengan rincian Pada siklus I  yang mampu mencapai ketuntasan belajar hanya 7 siswa dengan nilai rata-rata 62.11 atau 57.67%.  selanjutnya  pada siklus II siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan hasil belajar yaitu 15 siswa dengan nilai rata-rata77.50 atau 84.60%. (3) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada materi taharah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMPN 4 Tanjung .


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.