PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN MELALUI METODE RESITASI SISWA KELAS V SDN PURWAREJA

Nur Hidayati

Abstract


Membaca Al-Qur’an bagian dari pendidikan agama Islam dan di sekolah mulai di tingkat dasar termasuk materi yang penting, disamping peserta didik diharapkan menjadi anak yang berbudi pekerti baik, rajin beribadah dan kuat imannya, maka tidak ada suatu alasan melainkan anak harus dimotivasi untuk membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana metode resitasi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada  siswa kelas V SDN Purwareja Tahun Pelajaran 2021/2022?

 

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan pada tiap siklus terdiri atas empat langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk mengetahui penerapan metode resitasi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa kelas V SDN Purwareja Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

Hasil   penelitian   menunjukkan  bahwa  dengan   menggunakan   metode resitasi dalam pelajaran pendidikan agama Islam mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Hasil yang diperoleh sebelum menggunakan metode resitasi hanya 6 peserta didik yang tuntas atau 33,33%, dan setelah menggunakan metode resitasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membaca  Al-Qur’an  pada  siklus  I  peserta  didik  yang  mencapai  nilai  KKM menjadi 11 peserta didik atau 61,11%, meningkat 5 peserta didik atau 27,78% dari kondisi awal. Kemudian pada siklus II peserta didik yang mencapai nilai KKM menjadi 16 peserta didik atau 88,89% > 85% penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Sehingga dari data tersebut penulis menyimpulkan bahwa metode resitasi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran pendidikan agama Islam.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.