MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BERPERILAKU AKHLAK TERPUJI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Norpatilah Norpatilah

Abstract


Proses pembelajaran Agama Islam yang dilaksanakan guru di kelas menjadi persoalan yang sangat menarik untuk di angkat menjadi sebuah topik penelitian. Banyak siswa terutama di SD yang masih mengalami kesulitan membiasakan percaya diri dan mandiri.Hal tersebut karena kemampuan guru dalam pembelajaran kurang menyenangkan dan menarik bagi siswa sehingga terkesan mengabaikan siswa sebagai penerima pengetahuan yang memerlukan bimbingan serta pengalaman belajar secara langsung.

Penelitian beranjak dari rumusan masalah apakah strategi Kooperatife tipe STAD dapat meningkatkan pembiasaan bersikap percaya diri dan mandiri siswa kelas III SDN Mabuun kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong.Subjek penelitian sebanyak 20 orang siswa.

Tindakan Kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan masing – masing dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data terdiri atas tes nontertulis, observasi .Penelitian dilakukan dengan menggunakan instrument berupa lembar-lembar observasi aktivitas siswa, dan tes nontertulis berupa membaca ke depan. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan membiasakan percaya diri dan mandiri siswa.Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan dalam pengajaran Percaya diri dan mandiri hendaknya menerapkan strategi kooperatif tipe STAD, dan untuk menerapkannya dengan baik diharapkan mereka dapat mempelajari lagi strategi tersebut secara lebih mendalam.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.