PENINGKATAN KEMAMPUAN BERWUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Dul Qayi

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu di SDN-1 Trahean masih banyak anak yang belum memahami tata cara berwudhu jika tidak menggunakan metode Demonstrasi dalam Pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan hasil belajar  berwudhu  kelas IV di SDN-1 Trahean melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus I dilaksanakan sebanyak satu kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan dengan metode penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada mata pelajaran Pendidikam Agama Islam dengan menggunakan pendekatan pembelajaran metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan berwudhu  siswa.

Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terkait dengan upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran demonstrsi pada implementasi pembelajaran wudhu, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran demonstrasi.

Hal tersebut dapat dilihat dari hasil yang diperoleh berdasarkan tindakan yang telah diberikan kepada siswa kelas IV SDN-1 Trahean. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan. pada nilai test. Dan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sudah 100%. Peningkatan hasil belajar yang terjadi dari Siklus I dan Siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan Kemmpuan memahami pembelajaran serta hasil belajar materi wudhu melalui metode demosntrasi pada siswa kelas IV di SDN-1 Trahean Kabupaten Barito Utar  mengalami peningkatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.