PENERAPAN METODE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI ASMAUL HUSNA SMPN SATAP 6

Rodiyatam Mardiyah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode Take and Give terhadap Hasil Belajar Materi Asmaul Husna SMPN Satap 6 Bulik” adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu karena metode belajar yang monoton seperti metode ceramah dan peserta didik diminta mendengarkan dan mencatat, membuat suasana pembelajaran terasa tidak nyaman dan membosankan.sehingga hasil belajar siswa belum sepenuhnya mencapai KKN (Kriteria Ketuntasan Minimum). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :  Bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran take and give pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMPN Satap 6 Bulik

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VII yang berjumlah 8 siswa dengan melihat hasil sebelum dan sesudah. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes hasil belajar.

Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN Satap 6 Bulik dilakukan sebanyak 2 siklus, dengan tiap siklus 2 kali pertemuan. Pada siklus 1, peneliti memberikan pembelajaran dengan metode konvensional yaitu metode ceramah, dengan hasil belajar rata-rata kelas 74. Kemudian pada siklus 2, peneliti memberikan pembelajaran dengan metode take and give dan diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 85. Tes diberikan pada saat posttest dengan 10 soal pilihan ganda. Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMPN Satap 6 Bulik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.