MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA SURAH AL-KAFIRUN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VI SD

Rafi'ah Rafi'ah

Abstract


Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami makna surah Al Kafirun berdampak pada hasil belajar yang diperolehnya di kelas. Selain itu, keaktifan siswa yang tergolong masih rendah juga merupakan salah satu penghambat dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dengan situasi siswa menjadi salah satu cara yang diambil. Model yang dipilih adalah Index Card match. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan memahami makna surah Al Kafirun serta upaya meningkatkan keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran pada siswa SDN Danau Terati. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan subjek penelitian berjumlah enam orang. Data diambil dari hasil tes dan observasi. Sebelum melakukan tindakan penelitian, siswa diberikan tes awal, dan hanya 33% yang tuntas, kemudian diberikan tindakan di siklus pertama dan hasil tes meningkat menjadi 50 %. Kemudian dilanjutkan di siklus kedua, hasil tes meningkatkan menjadi 83,33% yang tuntas. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Index Card Match berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami makna surah Al Kafirun. Hasil penelitian ini diharapkan dapatĀ  menjadi sumber referensi bagi peneliti yang lain

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.