MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PADANGIN MELALUI METODE DRILL MATERI Q.S. AL FALAQ

Asmawati Asmawati

Abstract


Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam membaca al qur’an terutama pada materi qur’an surah al falaq dikelas IV SDN Padangin. Setelah dicari tahu ketidak tercapainya kompetensi dasar pada mata pelajaran pendidikan agama islam adalah factor penggunaan metode pembelajaran yang di gunakan guru,yaitu guru masih menggunakan metode convensional. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah  Bagaimana Penggunaan Metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Padangin  materi qur’an surah al falaq tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian PTK ini adalah untuk mendiskripsikan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Padangin materi qur’an surah al falaq. Penelitian ini menggunakan metode Drill,dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil pada penelitian ini yaitu pada tes akhir di siklus 1 kemampuan siswa membaca qur’an surah al falaq secara klasikal meningkat  rata rata 77,97 dengan kategori cukup baik.walaupun secara individual masih ada siswa yang belum tuntas mencapai nilai kkm 70,selanjutnya pada siklus 2 terjadi peningkatan yakni dengan hasil tes akhir rata-rata 80,77 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Padangin khususnya dalam membaca materi q.s al falaq pada mata pelajaran pendidikan agama islam


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.