PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MERANGSANG KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI & BUDI PEKERTI DI SMP

Sri Utami Kenongo Sari

Abstract


Keaktifan siswa yang tergolong masih rendah merupakan salah satu penghambat dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk itulah diperlukan suatu pemecahan agar keaktifan siswa dapat tumbuh dan terasah. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dengan situasi siswa menjadi salah satu cara yang diambil. Model yang dipilih adalah Problem Based Learning. Penerapan model PBL ini diharapkan dapat merangsang keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada kelas IX di SMP Negeri Satap 6 Bulik.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi data angket. Data yang diperoleh akan diolah dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat merangsang keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri Satap 6 Bulik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa dari 33% dan 40% pada siklus I menjadi 60% dan 80% pada siklus II. Adapun dari data angket bahwa tingkat keaktifan siswa naik dari awalnya berkategori sedang yaitu 57% pada siklus I meningkat menjadi 66% dengan kategori tinggi pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah, penerapan model PBL dapat merangsang keaktifan siswa pada pembelajaran Paid an Budi Pekerti di SMP Negeri Satap 6 Bulik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.