MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Hartati Hartati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan  hasil belajar peserta didik dalam meyakini kitab-kitab Allah, mencintai al-Qur’an dengan penerapan  model pembelajaran  Discovery Learning pada kelas VIIIB di SMP Negeri 5 Satap Mantewe kabupaten Tanah Bumbu. Setting penelitian ini di SMP Negeri 5 Satap Mantewe pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari  6 orang murid laki-laki dan 11 orang perempuan. Dilakukan sebanyak 2 siklus masing – masing siklus 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar – lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil penelitian yang  diperoleh dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning mempermudah guru dalam mencapai tujuan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini tergambar dari tiap siklus, pra siklus ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 41% dari 7 siswa, siklus 1 aktivitas guru dalam pengamatan mencapai 65% ini berada pada ketegori cukup, aktivitas peserta didik cukup aktif rata-rata sebesar 65% , dan  hasil belajar peserta didik dinyatakan tuntas 59 % dari 10 peserta didik dengan rata-rata 74. Sedangkan pada siklus II berdasarkan nilai yang diperoleh nilai rata-rata 84 dengan ketuntasan secara klasikal 100 %. Hasil belajar peserta didik pada siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal 100%  atau  sebanyak 17 peserta didik sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), 70.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat  memberi  pengetahuan  kepada  semua  pihak  (peserta  didik,  guru  dan  orang tua) untuk dapat  meningkatkan prestasi  belajar pada mata pelajaran  PAI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.