MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Hartati Hartati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam meyakini kitab-kitab Allah, mencintai al-Qur’an dengan penerapan  model pembelajaran  Discovery Learning pada kelas VIIIB di SMP Negeri 5 Satap Mantewe kabupaten Tanah Bumbu dengan subjek 17 peserta didik. Dilakukan sebanyak 2 siklus masing – masing siklus 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar – lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil penelitian yang  diperoleh dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning mempermudah guru dalam mencapai tujuan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini tergambar dari tiap siklus, hasil aktivitas guru pada siklus I 65% dan siklus II 92 % sangat baik. Hasil aktivitas peserta didik pada siklus I 65% dan siklus II 90 % sangat aktif.  Ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pretes mencapai 41% dari 7 peserta didik dengan rata-rata 68, siklus I 59 % dari 10 peserta didik dengan rata-rata 74, siklus II meningkat mejadi 100 % dengan rata-rata 84 dari 17 peserta didik. Dengan ketuntasan secara klasikal 100 % hasil belajar peserta didik pada siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian sebanyak 17 peserta didik sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), 70.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat member pengetahuan kepada semua pihak  (peserta didik,  guru  dan  orang tua) untuk dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran  PAI.


Full Text:

PDF

References


Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Arikunto, Suharsimi.2009.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Direktorat Madrasah dan PAI pada Sekolah Umum, “Pedoman Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum”, Jakarta, Depag, 2004.

PERMENDIKNAS No.22, 23, 24 Tahun 2006,Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwanto, M.N. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. 2001. Strategi Belaja rMengajar. Jakarta, Rineka Cipta

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Surawan. 2020. Dinamika Dalam Belajar : Sebuah Kajian Psikologi Penelitian. Yogyakarta : K-Media.

Undang-undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, Bandung: Fokus Media, 2006.

Walgito, Bimo. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: AND

Winkel, W.S., Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1999, Cet. V.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.