MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SHALAT BERJAMAAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIKELAS VII SMPN 9 AMUNTAI

Ahdi Yanie

Abstract


Tujuan akhir dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah untuk menumbuhkembangkan keagamaan melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Shalat Berjamaah  sehingga menjadi manusia muslim yang harus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT. Penelitian ini berdasarkan rumusan permasalahan 1) Bagaimanakah penggunaan model problem based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti?, 2) Apakah penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar pada materi shalat berjamaah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti? Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik atau alat untuk pemantauan atau evaluasi adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Setelah menjelaskan materi shalat berjamaah, guru mendemonstrasikan atau memperagakan tata cara shalat berjamaah di depan kelas, peserta didik memperhatikan, kemudian peserta didik diminta untuk menirukan. Setelah paham, peserta didik mempraktekkan shalat berjamaah. 2) Penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 9 Amuntai Tahun Pelajaran 2021/2022


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.