MENINGKATKAN SUASANA BELAJAR AKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Arliyana Arliyana

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada umumnya guru Pendidikan Agama Islam masih menggunakan metode konvensional (ceramah), yang tentunya bisa menyebabkan para siswa merasa bosan dan kurang tertarik sehingga menyebabkan para siswa kurang terlibat langsung (aktif) di dalam proses pembelajaran  dan kurang maksimalnya nilai yang diperoleh oleh siswa.

Tujuan PTK ini untuk  meningkatkan suasana belajar aktif siswa kelas VII A Smp Plus Murung Pudak menggunakan model pembelajaran inquiry learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A Smp Plus Murung Pudak Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan suasana belajar aktif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII A Smp Plus Murung Pudak. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok dan meningkatnya rata-rata nilai hasil tes tertulis, pada siklus I ada 6 orang siswa yang tidak tuntas dan pada siklus II semua siswa sudah tuntas dalam tes tertulis.

Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inquiry learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pokok bahasan salat jamak dan qasar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.