MENINGKATKAN SUASANA BELAJAR AKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Arliyana Arliyana

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada umumnya guru Pendidikan Agama Islam masih menggunakan metode konvensional (ceramah), yang tentunya bisa menyebabkan para siswa merasa bosan dan kurang tertarik sehingga menyebabkan para siswa kurang terlibat langsung (aktif) di dalam proses pembelajaran  dan kurang maksimalnya nilai yang diperoleh oleh siswa.

Tujuan PTK ini untuk mengetahui keberhasilan meningkatkan suasana belajar aktif dengan model pembelajaran inquiry learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan mengetahui respon siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap model pembelajaran inquiry learning meningkatkan suasana belajar aktif.

Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inquiry learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pokok bahasan salat jamak dan qasar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.