METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH AL-FALAQ SISWA KELAS IV SDN-2 KERSIK PUTIH
Abstract
Pembelajaran Mari Belajar Surah Al-Falaq dimaksudkan untuk memberi keterampilan kepada siswa dalam melafalkan surah Al-Falaq dengan harakat, makhraj dan tajwid yang benar. Setelah melakukan pengamatan pada siswa SDN 2 Kersik Putih Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu ternyata masih ada siswa yang kurang mampu dalam membaca surah Al-Falaq dengan harakat, makhraj serta tajwid yang benar.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Surah Al-Falaq sesuai dengan harakat, makhraj, dan ilmu tajwid yang benar pada siswa kelas IV SDN 2 Kersik Putih Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.
Rumusan masalah pada penelitian adalah apakah penerapan metode Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca surah Al-Falaq pada siswa kelas IV SDN 2 Kersik Putih Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 2 Kersik Putih yang berjumlah 24 orang, sedangkan objeknya adalah metode Reading Aloud dan kemampuan siswa membaca surah Al-Falaq.
Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes evaluasi yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Kemampuan membaca Surah Al-Falaq siswa sebelum tindakan masih tergolong tidak baik dengan perolehan rata-rata 58,47 pada interval 50-59. Kemudian kemampuan membaca Surah Al-Falaq siswa meningkat setelah dilakukannya tindakan kelas dengan perolehan rata-rata 82,01 pada golongan baik di interval 76-100.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.