METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH AL-FALAQ SISWA KELAS IV SDN 2 KERSIK PUTIH

Marwati Marwati

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Surah Al-Falaq sesuai dengan harakat, makhraj, dan ilmu tajwid yang benar  pada  siswa kelas IV SDN 2 Kersik Putih Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

Rumusan masalah pada penelitian adalah apakah penerapan metode Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca surah Al-Falaq  pada  siswa kelas IV SDN  2 Kersik Putih Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu

Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 2 Kersik Putih, sedangkan objeknya adalah metode Reading Aloud dan kemampuan siswa membaca surah Al-Falaq dengan sampel penelitian ini adalah  siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa.

Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes evaluasi yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Kemampuan membaca Surah Al-Falaq  siswa sebelum tindakan masih tergolong tidak baik  dengan perolehan rata-rata 58,47 pada interval 50-59. Kemudian kemampuan membaca  Surah Al-Falaq siswa meningkat setelah dilakukannya tindakan kelas dengan perolehan rata-rata 82,01 pada golongan baik di interval 76-100.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.