METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH AL-FALAQ SISWA KELAS IV SDN-2 KERSIK PUTIH

Marwati Marwati

Abstract


Pembelajaran Mari Belajar Surah Al-Falaq dimaksudkan untuk memberi keterampilan kepada siswa dalam melafalkan surah Al-Falaq dengan harakat, makhraj dan tajwid yang benar.  Setelah melakukan pengamatan pada siswa SDN 2 Kersik Putih Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu ternyata masih ada siswa yang kurang mampu dalam membaca surah Al-Falaq dengan harakat, makhraj serta tajwid yang benar.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Surah Al-Falaq sesuai dengan harakat, makhraj, dan ilmu tajwid yang benar  pada  siswa kelas IV SDN 2 Kersik Putih Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

Rumusan masalah pada penelitian adalah apakah penerapan metode Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca surah Al-Falaq  pada  siswa kelas IV SDN  2 Kersik Putih Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 2 Kersik Putih  yang berjumlah 24 orang, sedangkan objeknya adalah metode Reading Aloud dan kemampuan siswa membaca surah Al-Falaq.

Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes evaluasi yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Kemampuan membaca Surah Al-Falaq  siswa sebelum tindakan masih tergolong tidak baik  dengan perolehan rata-rata 58,47 pada interval 50-59. Kemudian kemampuan membaca  Surah Al-Falaq siswa meningkat setelah dilakukannya tindakan kelas dengan perolehan rata-rata 82,01 pada golongan baik di interval 76-100.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.