PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TENTANG SURAT AL-KAFIRUN PADA SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL SDN 2 SEPUNGGUR

Mansyur Mansyur

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tentang Surat Al-Kafirun Pada Siswa Kelas VI Semester Ganjil SDN 2 Sepunggur? Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan Metode Demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar materi tentang Surat Al-Kafirun Pada Siswa Kelas VI Semester Ganjil SDN 2 Sepunggur.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (metode demonstrasi) sebanyak dua Siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN 2 Sepunggur. Data yang diperoleh berupa hasil tes tertulis dan tes praktik.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi pokok tentang Surat Al-Kafirun kelas VI SDN 2 Sepunggur dapat meningkat melalui penerapan metode pembelajaran metode demonstrasi. Hal ini dapat dilihat bahwa pada Siklus I, dari 12 siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa (50,00%) dan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa (50,00%). Sedangkan pada Siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa (91,66%) dan yang belum tuntas sebanyak 1 siswa (8,34%). Dari Siklus I ke Siklus II ada peningkatan hasil belajar sebesar 41,66%. Dengan demikian, pada Siklus II hasil belajar dikatakan TUNTAS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.