PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI

Nurul Istifadah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Hasil belajar PAI khususnya pada materi Bersih Itu Sehat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik SDN Sungai Raja 1 Sukamara.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran diskusi sebagai praktik dari keterampilan pemecahan masalah melalui problem based learning.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning pada mata pelajaran PAI tema Bersih itu Sehat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sungai Raja 1 Sukamara. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata pada hasil test, dimana hasil pretest pada pra siklus yaitu 65,0 mengalami peningkatan pada saat postest siklus I menjadi 80,0 dengan presentase nilai ketuntasan yang semula 40% meningkat menjadi 100% setelah diadakan 3 kali pertemuan. Dengan demikian penerapan model problem based learning dianggap berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam tema Bersih itu Sehat karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 85% dan rata-rata hasil belajar peserta didik telah mencapai KKM mata pelajaran tersebut yaitu  70.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.