MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN GERAKAN SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Komar Norjaman

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan gerakan shalat pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas II SD Negeri 1 Usih, Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong. Subjek penelitian  terdiri dari 14 siswa . Dilakukan sebanyak 2 siklus masing – masing siklus 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar – lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa, hasil belajar, dan tes kemampuan gerakan shalat mengalami peningkatan. Hal ini tergambar dari siklus I pertemuan 1 siswa yang aktif mencapai 28%, sangat aktif 14%, tuntas belajar sebanyak 57%, praktik shalat pada gerakan bersedekap mencapai 90%. Kemudian pada Siklus I pertemuan 2 siswa yang aktif mencapai 36%, sangat aktif 21%, tuntas belajar 65%, praktik shalat pada gerakan bersedekap dan berdiri mencapai 100%. Pada siklus II pertemuan 1 siswa yang aktif mencapai 50%, sangat aktif 29%, tuntas belajar 71%, praktik shalat gerakan takbiratul ihram dan salam mencapai 90%. Kemudian pada Siklus II siswa aktif 57%, sangat aktif 43%, tuntas belajar 92%, dan praktik shalat pada semua gerakan sudah mencapai 80% lebih.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.