MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE INDEX CARD MATCH

Arbani Arbani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang masih kesulitan dalam menulis,menghapal makna nama-nama Allah dalam Asmaul husna, siswa kurang terlibat aktif siswa dalam proses pembelajaran, dan masih rendahnya nilai rata-rata siswa dalam mengusai materi asmaul husna ini.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada materi Asmaul Husna melalui penerapan metode index card match kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tanjung Kabupaten Tabalong tahun pelajaran 2021/2022 dengan standar kriteria kelulusan(KKM) 75.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), pada prosesnya menerapkan metode index card match. Penelitian tindakan kelas iniada4 tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi.Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tanjung Kabupaten Tabalong Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 17 siswa. Pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus. Langkah-langkah pelaksanaan metode index card match yaitu membagi kelas menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 mendapat kartu berisi pertanyaan,sedangkan kelompok 2 mendapat kartu berisi jawaban. Semua kelompok diminta mencari pasangan kartu,setelah menemukan pasangannya siswa diminta membacakan soal yang diperoleh selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangannya. Hasil belajar diukur dengan melaksanakan tes  akhir pada akhir pertemuan. 

Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran menggunakan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Asmaul Husna kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tanjung Kabupaten Tabalong. Hasil tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil   belajar siswa dalam materi asmaul Husna, hal ini dapat dilihat pada : a. Siklus I rata-rata 6,7 kemudian dilanjutkan ke siklus  II rata-rata 9,6. Sehingga  dengan demikian rata-rata hasil belajar persiklus terlihat kecenderungan meningkat, dimana pada siklus I ke siklus II peningkatan sebesar 2,9. b. Berdasarkan pada hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sudah mendapatkan hasil yang baik, maka siklus I adalah 93,33  kemudian pada  siklus II   mencapai 100%


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.