MEMANFAATKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR SISWA KELAS VI

jauhar Latifah

Abstract


Penelitian ini merupakan pemanfaatan media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi Iman kepada hari akhir siswa kelas VI. Penelitian ini bertujuan untuk menanyakan adakah peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi hari akhir setelah diterapkannya media audiovisual berhasil.

Penelitian ini dilatar belakangi masih terdapatnya peserta didik yang masih lemah dalam memahaman pelajaran,rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian.Bagaimana dampak sebelum dan sesudah adanya media dan  Apakah media audiovisual dapat Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi hari akhir.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan  dua siklus.Subjek dari penelitian ini adalah kelas VI SDN I Lunuk Ramba kecamatan Basarang,dengan jumlah siswa sebanyak 4 siswa.Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,  tes tertulis.

Berdasarkan analisis,hasil tes dan observasi yang sudah dilakukan diperoleh data peningkatan kemampuan siswa ini dibuktikan dengan aktifitas kemampuan memahami menyelesaikan soal-soal tes yang diberikan pada tiap siklusnya.Hasil nilai rata-rata pra siklus peserta didik 60,00 dengan persentasi ketuntasan 25 % .Siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 70,00 dengan persentasi peserta didik yang tuntas adalah 50 % .Siklus II meningkat lagi dengan nilai rata-rata kelas 90,00 telah melebihi KKM 70 dengan persentasi 100 %.

          Maka pembelajaran dengan Memanfaatkan media audiovisual dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami materi hari akhir siswa kelas VI SDN I Lunuk Ramba tahun pelajaran 2021/2022.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.