PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF "MAKE A MATCH" UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

M. Humaidi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada materi tugas-tugas malaikat yang masih di bawah KKM sekolah yaitu 70. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan hasil belajar siswa rata-rata 53,6 dan persentase ketuntasan 37,5%. Faktor penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas menjadi bosan dan pasif sehingga kemampuan siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut, peneliti menerapankan strategi pembelajaran kooperatif make a match. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran kooperatif make a match pada materi tugas-tugas malaikat. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sekata Baru 1 Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan. Hasil penelitian pada siklus I yang memperoleh nilai tuntas dari KKM sebanyak 50% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 62,5. Pada Siklus II siswa yang memperoleh nilai tuntas dari KKM sebanyak 87,5% dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi rata-rata 80. Dengan demikian penerapan strategi pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.