IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARYA BARU

Nurmawati Nurmawati

Abstract


Rumusan masalah yang akan diteliti adalah Bagaimanakah Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Siswa kelas IV SD Negeri Karya Baru Tahun Pelajaran 2021/2022?,Apakah penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan  hasil belajar  siswa  kelas IV SD Negeri Karya Baru Tahun Pelajaran 2021/2022?

Penelitian  bertujuan  untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Siswa kelas IV SD Negeri Karya Baru Tahun Pelajaran 2021/2022? Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Karya Baru Tahun Pelajaran 2021/2021?

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Karya Baru Tahun Pelajaran 2021/2022, sebanyak 8 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif  komparatif, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II

Hasil penelitian antara lain implementasi  model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  siswa kelas IV SD Negeri Karya Baru dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dalam kegiatan pembelajaran. Pada siklus I pertemuan 1 dan 2  yaitu 41.17 dan 58.82%. sedangkan siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 82,35% serta  94,44%. Dan Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Pada siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu 62.5% serta 75% kemudian siklus II pertemuan 1 dan 2 yaitu 87.5 serta 100,00%. Serta Melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan peroleh nilai rata-rata tes formatif siklus I pertemuan1 dan 2  berturut-turut 63,75 dan 71,25 kemudian siklus II Pertemuan 1 dan 2 yaitu 75 serta 80.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.