IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD-N KARYA BARU

Nurmawati Nurmawati

Abstract


Penelitian Ini dilatar belakangi   masih rendahnya nilai mata pelajaran PAI .Di mana nilai ulangan harian 1 tahun pelajaran 2020/2021 hanya mencapai 62.5 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 51,67%.Penelitian  bertujuan  untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Siswa kelas IV SD Negeri Karya Baru Tahun Pelajaran 2021/2022? Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Karya Baru Tahun Pelajaran 2021/2021?.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Karya Baru Tahun Pelajaran 2021/2022, sebanyak 8 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif  komparatif, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II.Hasil penelitian antara lain implementasi  model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru . Pada siklus I pertemuan 1 dan 2  yaitu 41.17 dan 58.82%. sedangkan siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 82,35% serta  94,44%.Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu 62.5% serta 75% kemudian siklus II pertemuan 1 dan 2 yaitu 87.5 serta 100,00%. Serta Melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Hal ini ditunjukkan dengan peroleh nilai rata-rata tes formatif siklus I pertemuan1 dan 2  berturut-turut 63,75 dan 71,25 kemudian siklus II Pertemuan 1 dan 2 yaitu 75 serta 80.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.