IMPLEMENTASI METODE MARKET PLACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI ASMAUL HUSNA AL-‘ALIM, AL-KHABIR, AS-SAMI’ DAN AL-BASIR PADA SISWA KELAS VII A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 BELANTIKAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2021 - 2022

Sumiatun Sumiatun

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari pembelajaran yang masih mengikuti paradigma lama, yaitu guru yang lebih banyak aktif dalam pembelajaran. Sedangkan siswa lebih banyak diam mendengarkan penjelasan guru, selain itu juga metode yang digunakan guru sebagian besar adalah ceramah. Hal inilah yang sering membuat siswa merasa bosan dan kurang kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mempengaruhi minat dan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Asmaul Husna ( al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’ dan al-Basir )

 Adapun penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan  pada kelas VII A semester ganjil, dan peserta didik berjumlah 8 orang, yang terdiri dari  5 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan Tes  yang dilakukan dalam 2 siklus.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Model Market Place dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Materi Asmaul Husna Al-’Alim, Al-Khabir, As-Sami’ dan Al-Basir bagi peserta didik kelas VII A  semester ganjil di SMP Negeri 1 Belantikan Raya Tahun Pelajaran 2021 / 2022

Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah: 1) Keterlaksanaan model pembelajaran market place sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran pada RPP. 2) Penerapan model market dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna al-‘Alim, al-Khabir,as-Sami’ dan al-Basir. Hal ini dapat terlihat pada ketuntasan Hasil Belajar peserta didik yang meningkat, yaitu  pada siklus I adalah 62,5 % dan rata-rata kelasnya adalah 72,5 dan pada Siklus II ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 100% dengan rata-rata kelas adalah 88,2, artinya meningkat 15, 7.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.