MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN MAKE-A-MATCH PADA PESERTA DIDIK MATERI PUASA RAMADHAN KELAS V

Risnawati Risnawati

Abstract


Meningkatkan prestasi belajar dengan model pembelajaran Make A Match Pada peserta didik pada pelajaran puasa di bulan Ramadhan kelas V  Patih Muhur Baru ” Penelitian Tindakan Kelas “, Rendahnya hasil prestasi siswa pada Pendidikan Agama Islam disebabkan siswa pasif dalam dalam pembelajaran, guru mengajar tidak bervariatif, siswa kuarang tertarik terhadap mata pelajaran PAI yang mengakibatkan penguasaan terhadap materi lemah. Strategi yang di gunakan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil prestasi siswa pada pembelajaran PAI di kelas V. Tujuan penelitian Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran  terhadap Prestasi Belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Patih Muhur Baru kelas V berjumlah 12 orang dengan rincian 9 orang laki-laki dan 3 orang perempuan pada semester 1 Tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen penelitian yang digunakan adalan tes tertulis jenis data adalah secara kualitatif. Dalam hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran siklus I dan siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata dan kretia ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru agar lebih berkreatif lagi dalam penerapan model pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.