PENINGKATAN PEMBELAJARAN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR DAN RESITASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Muhammad Iswahyudi

Abstract


Masalah utama pembelajaran Agama Islam banyaknya siswa belum memahami tingkah laku yang terjadi dilingkungan sekitar sehingga dalam pembelajaran apabila diminta untuk memebrikan contoh belum dapat sepenuhnya menjawab sedangkan pembelajaran PAI tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi, Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Melalui metode pemberian tugas belajar dan resitasi sebagai satu langkah terobosan kolaborasi antara model dan metode untuk memeberikan siswa waktu lebih banyak dalam pengamatan dilingkungan sekitar dan belajar mandiri. Pada Siswa SDN-4 Lahei II Desa Lahei Kelas IV Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pemberian tugas belajar dan resitasi. Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pemberian tugas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Pembelajaran dengan medel kooperatif learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (25,00%), siklus II (100,00%).Penerapan metodeĀ  pemberian tugas belajar dan resitasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode metode pemberian tugas belajar dan resitasi sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.