MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE-A-MATCH

Rakhmat Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Anjir Mambulau Timur, dengan jumlah 18 anak yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.

Penerapan metode Make a match akan lebih mengaktifkan siswa dalam pembelajaran sehingga membuat pembelajaran lebih bermakna karena adanya keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Melalui metode ini, siswa juga akan terlatih untuk mengungkapkan gagasan, pendapat dan kritikan terhadap orang lain. Sehingga diharapkan mampu mengoptimalkan hasil belajar siswa.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas V menggunakan model pembelajaran Make A Match. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I, dari 18 siswa rata-rata nilai PAI adalah 73,61 dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa (55,56%,) setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata PAI meningkat pada siklus II mencapai 83,89 dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa (100%).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.