PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KETELADANAN RASULULLAH DI SDN ANJIR PASAR SEBERANG PASAR

Siti Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar materi keteladanan Rasulullah beserta peningkatannya.

Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru setiap siklusnya, pada siklus 1 pertemuan 1 70%, pertemuan 2 90%, siklus 2 pertemuan 1 sebesar 95%, dan pertemuan 2 sebesar 98%. Peningkatan aktivitas siswa juga meningkat pada siklus 1 pertemuan 1 hanya 55%, pertemuan 2 sebesar 64%, siklus 2 pertemuan 3 meningkat sebesar 82% dan pada pertemuan 4 sebesar 91%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan ditandai meningkatnya hasil evaluasi kelompok  siklus I pertemuan 1 siswa memperoleh nilai rata-rata 55% pada siklus I pertemuan 2 sebesar 73%. Semakin meningkat pada Siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 82% dan meningkat pada siklus II pertemuan 2 mencapai di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya yaitu 91%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.