PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Siti Fatimah

Abstract


Permasalahan penelitian ini berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VI pada materi keteladanan Rasulullah selama kurun waktu 2 tahun terakhir yaitu tahun 2019/2020 ketuntasan hanya mencapai 42,85% dan tahun 2020/2021 hanya sebesar 50% tidak memenuhi standar KKM 70.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar materi keteladanan Rasulullah beserta peningkatannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Pendekatan kualitatif.

Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru setiap siklusnya, pada siklus I pertemuan 1 70%, pertemuan 2 90%, siklus II pertemuan 1 sebesar 95%, dan pertemuan 2 sebesar 98%. Peningkatan aktivitas siswa juga meningkat pada siklus I pertemuan 1 yang awalnya hanya 55%, pertemuan 2 sebesar 64%, siklus II pertemuan 1 meningkat sebesar 82% dan pada pertemuan 2 sebesar 91%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan ditandai meningkatnya hasil evaluasi kelompok  siklus I pertemuan 1 siswa memperoleh nilai rata-rata 55% pada siklus I pertemuan 2 sebesar 73%. Semakin meningkat pada Siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 82% dan meningkat pada siklus II pertemuan 2 mencapai di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya yaitu 91%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.