PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SMPN-4 ALALAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Norhidayah Norhidayah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran Fiqih siswa kelas VIII di Mts Darul Ma’arif Jakarta.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapat dalam satu siklus yang dilakukan berulang dengan langkah-langkah yang sama dan tetap difokuskan pada cara penyelesaian masalah (jawaban) dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri serta pencarian informasi dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode discovery learning ini mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus yang dilakukan. Perincian nilai rata-rata pretes siklus I rata-ratanya 70,47, pretes siklus II pertemuan kedua rata-ratanya 58,1. Postes siklus I rata-ratanya 85,16, postes siklus II rata-ratanya 88. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai normali gain tiap siklusnya, yakni N-gain siklus I 0,48 N-gain siklus II 0,71. Dari hasil- hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran discovery learning denganmetode-metode yang peneliti gunakan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam ranah kognitif.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Iif Khoiru, dkk. 2011. Pembelajaran Akselerasi. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Alwi, Idrus, dkk. 2014. Panduan Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Pendidik danTenaga Kependidikan. Jakarta: Saraz Publishing,

Annur, Saipul. 2008. Profesionalitas Guru Agama Islam: Wacana Pengembangan Guru,

Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Hamzah, Ali. Muhlisrarini.2004 Perencanaan dan strategi pembelajran Matematika,Jakarta,Rajawali Pers, 2004

Jurnal Ta’dib, Vol. XIII. No. 1, Juni

Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 2

Surawan, 2019. "Pernikahan Dini; Ditinjau dari Aspek Psikologi". Jurnal Ilmiah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.