PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARTIKAN Q.S.AL-KAFIRUN MODEL INDEX CARD MATCH MATA PELAJARAN PAI KELAS VI

Norman Norman

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak mengartikan Q.S.al-Kafirun di SDN Pasar Arba. Rendahnya kemampuan anak mengartikan Q.S.al-Kafirun disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan model pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak mengartikan Q.S.al-Kafirun melalui model Index Card Match di SDN Pasar Arba. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN Pasar Arba dengan obyek anak-anak SDN Pasar Arba yang memiliki jumlah anak 15 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan anak dalam mengartikan Q.S.al-Kafirun. Peningkatan kemampuan anak mengartikan Q.S.al-Kafirun mengalami peningkatan secara bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 31,6 %, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan anak mengartikan Q.S.al-Kafirun sebesar 51,6 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 69,9 %. Pada siklus 3 diperoleh hasil rata-rata kemampuan anak mengartikan Q.S.al-Kafirun sebesar 81,6 %. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak mengartikan  Q.S.al-Kafirun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.