ANALISIS UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI SHOLAT WAJIB MELALUI METODE DRILL KELAS 7 TUNAGRAHITA DI SLBN 1 MUARA TEWEH KABUPATEN BARITO UTARA

Yayuk Murniawan

Abstract


Analisis kebutuhan ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada upaya peningkatan hasil belajar Materi Sholat Wajib kelas 7 Tunagrahita SLBN 1 Muara Teweh Tahun Ajaran 2020/2021 sebelum dan sesudah penerapan metode Drill.

Penerapan model pembelajaran yang sesuai dan permasalahan siswa. Sampel pengamatan pada analisis ini adalah siswa SLBN 1 MUARA TEWEH. Pembelajaran materi sholat wajib dengan metode drill terjadi peningkatkan hasil belajar siswa tunagrahita SMPLB Negeri 1 Muara Teweh, dengan ditandai adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar setiap siklus, yaitu siklus I 61 (25%), siklus II 68 (50%), siklus III 73 (100%).

Metode drill dapat meningkatkan aspek keaktifan, perhatian dan penguasaan siswa tunagrahita terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatkan dari jumlah skor siswa pada setiap siklus, yaitu siklus I (25), siklus II (26), siklus III (32).

Metode drill dapat meningkatkan pemahaman (nama, waktu,rokaat, gerakan dan keutamaan, prilaku yang mencerminkan ibadah sholat wajib) siswa tunagrahita dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi sholat wajib. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan jumlah skor siswa pada saat praktek disetiap siklusnya, yaitu pada siklus I (14), siklus II (19), siklus III (24). Dari hasil penelitian ini nantinya akan memberikan informasi tentang implementasi pembelajaran Materi Sholat Wajib pada siswa Tunagrahita, sehingga dapat memberikan manfaat Teoritis sebagai acuan atau referensi dalam penelitian yang terbaru, khususnya penerapan metode Drill pada siswa Tunagrahita. Dan dapat berpartisipasi dalam pengembangan pengetahuan di sekolah serta memberikan khasanah keilmuan bagi para pendidik sehingga menjadipendidik yang inovatif serta kreatif, manfaat Praktis bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam merancang dan melaksanakan program pembelajaran dengan alternatif model pembelajaran, memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk mengimplementasikan model pembelajaran dengan menggunakanmetode Drill dalam upaya peningkatkan hasil belajar Materi Sholat Wajib bagi siswa dapat menambah wawasan pengetahuan siswa Tunagrahita ,.menumbuhkan suasana belajar yang menyenangkan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta menciptakan peserta didik yang berkualitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.