PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI METODE DRILL KELAS 7 TUNAGRAHITA DI SLB

Yayuk Murniawan

Abstract


Analisis ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada peningkatan hasil belajar Materi Sholat Wajib kelas 7 Tunagrahita SLBN 1 Muara Teweh Tahun Ajaran 2020/2021 sebelum dan sesudah penerapan metode Drill, sampel pengamatan adalah siswa SLBN 1 Muara Teweh, materi sholat wajib dengan metode drill, terjadi peningkatkan hasil belajar dengan nilai rata-rata, yaitu siklus I 61 (25%), siklus II 68 (50%), siklus III 73 (100%), peningkatkan aspek keaktifan, perhatian dan penguasaan  dilihat dari jumlah skor siswa , yaitu siklus I (25), siklus II (26), siklus III (32), peningkatkan pemahaman (nama, waktu,rokaat, gerakan dan keutamaan, prilaku yang mencerminkan ibadah sholat wajib)  saat praktek, yaitu pada siklus I (14), siklus II (19), siklus III (24). Penelitian ini akan memberikan informasi tentang implementasi Materi Sholat Wajib untuk siswa Tunagrahita, sehingga memberikan manfaat Teoritis sebagai referensi dalam penelitian yang terbaru khususnya penerapan metode Drill dan berpartisipasi dalam pengembangan pengetahuan di sekolah serta memberikan khasanah keilmuan bagi para guru sehingga menjadi pendidik yang inovatif serta kreatif, manfaat Praktis bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam merancang dan melaksanakan program pembelajaran dengan alternatif model pembelajaran, dapat menambah wawasan pengetahuan siswa Tunagrahita, menumbuhkan suasana belajar yang menyenangkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta menciptakan peserta didik yang berkualitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.