MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PAI di SMAN 1 Marabahan yang dilakukan secara daring pada tahun pelajaran 2020/2021 lalu yaitu hanya 57.21 % peserta didik yang mencapai KKM. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar PAI dan menganalisis penerapan model discovery learning pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Marabahan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Marabahan berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian (1) hasil belajar PAI di SMAN 1 Marabahan pada pra tindakan 23.33 % tuntas dengan nilai rata-rata 54.66, Siklus 1 menjadi 60 % tuntas dengan nilai rata-rata 70.17, dan Siklus 2 meningkat menjadi 90% tuntas dengan nilai-rata 86.66 (2) Aktivitas mengajar guru siklus 1 72.22 % kategori baik, aktivitas belajar peserta didik 68.75 % kategori aktif. Kemudian Siklus 2 aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 77.78 % kategori sangat baik aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadi 78.12 % kategori sangat aktif. Artinya hasil belajar PAI berhasil meningkat dan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI di SMAN 1 Marabahan.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Alwi Idrus, dkk. 2014. Panduan Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Saraz Publishing.
Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta: Diva Press.
http://novehasanah.blogspot.com/2016/06/kelebihan-kekurangan-discovery-learning.html Hasanah, Kelebihan dan Kekurangan Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan). diakses 12/08/2021.
https://www.dosenpendidikan.co.id/discovery-learning/ Dosen Pendidikan, Discovery Learning, diposting 11/06/2021, diakses 12/08/2021.
Ilahi, Takdir Mohammad. 2012. Pembelajaran Discovery, Strategi dan Mental Vocational Skill. Yogjakarta: Diva Press.
Karamah, St. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Pada Peserta Didik Kelas Xi Ipa.5 Sma Negeri 1 Ogan Komering Ulu, J urnal Edukasi, Volume 5 No.2, Oktober 2019.
Khadijah, Nyanyu (2014) Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers.
Munadi, Yudi. 2019. Modul Perangkat dan Media Pembelajaran. Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan, Kementerian Agama RI, Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam
Rahman, Anidar. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA-1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Perilaku Jujur dan Perintah Berbakti kepada Orang Tua dan Guru Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada SMA Negeri 1 Peudada. Jurnal Serambi Kontruktivis Vol.1 NO.2 2019 https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v1i2.1143, Diakses tanggal 26/07/2021.
Rahyubi, Heri. 2014. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Jakarta: Referense
Ridwan, Muh. 2019. Penerapan Metode Discovery Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas XI SMA NEGERI Parepare. Thesis, IAIN Parepare 2019. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/666 Diakses tanggal 26/07/2021
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru algesindo.
Surawan. (2020). Dinamika Dalam Belajar : Sebuah Kajian Psikologi Penelitian. Yogyakarta : K-Media.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.