MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MEYAKINI QADHA DAN QADAR MELAHIRKAN SEMANGAT BEKERJA KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 1 MARABAHAN

Munirah Munirah

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Marabahan berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian (1) hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi meyakini qadha dan qadar melahirkan semangat bekerja kelas XII IPA 1 SMAN 1 Marabahan pada pra tindakan 23.33 % tuntas dengan nilai rata-rata 54.66. Siklus 1 menjadi 60 % tuntas dengan nilai rata-rata 70.17. Siklus 2 hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 90% tuntas dengan nilai-rata 86.66 (2) Aktivitas mengajar guru siklus 1 72.22 % kategori baik, aktivitas belajar peserta didik 68.75 % kategori aktif. Siklus 2 aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 77.78 % kategori sangat baik aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadi 78.12 % kategori sangat baik. Artinya hasil belajar peserta didik berhasil meningkat dan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekeri materi meyakini qadha dan qadar melahirkan semangat bekerja kelas XII IPA 1 SMAN 1 Marabahan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.