MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK WUDHU MENGGUNAKAN METODE INQUIRY LEARNING TERBIMBING

Hairawati Hairawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran inquiry learning terbimbing dalam meningkatkan kemampuan praktik berwudhu pada siswa kelas 2 SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari satu siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan analisis dan pembahasan peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry learning terbimbing dalam proses pembelajaranmemberikan suasana baru dan menciptakan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Adapun belajar dengan menggunakan LKPD, sangat membantu merangsang minat dan aktifitas siswa belajar, sehingga suasana dalam berdiskusipun berkesan asik dan menyenangkan. Dengan adanya penayangan video pembelajaran yang dilakukan berulang-ulang, siswa dapat memahami dan mempraktikkan tata cara berwudhu dengan baik, tertib dan benar.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.