PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN SHOLAT WAJIB MELALUI STRATEGI MODELLING-THE-WAY SISWA KELAS IV SD-N PARIMATA-I BARITO KUALA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan starategi pembelajaran dengan metode Modelling The Way dapat meningkatkan keterampilan shalat siswa Kelas 4 SDN Parimata 1
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Modelling The Way pada materi shalat wajib berhasil meningkatkan keterampilan shalat siswa, khususnya meliputi, gerakan shalat, bacaan shalat serta kombinasi keduanya dengan baik dan benar. Hal ini dapat terlihat dari analisis ketercapaian hasil belajar siswa pada siklus 1 yang hanya sekitar 40 % dan pada siklus 2 meningkat menjadi 100 %. Adapun keterampilan siswa melakukan gerakan dan bacaan shalat pada awal penggunaan metode ini hanya 54 % setelah pembelajaran dengan penggunaan metode modelling the way dengan segala tahapannya meningkat menjadi 90 %.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Modelling The way dapat meningkatkan ketrampilan siswa melakukan shalat wajib. Siswa dapat memperbaiki gerakan shalat serta bacaannya yang dinilai kurang tepat secara praktek langsung bukan teori semata. Saran yang dapat diajukan bahwa menanamkan konsep praktik gerakan shalat , guru dapat menggunakan metode Modelling the way.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.