UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE DRILL PADA KELAS VIII-A SMPN 2 KUSAN HULU

Didi Hamsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Minat belajar siswa setelah penerapan Metode Driil. Rumusan Masalah adalah : Apakah metode Drill mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram pada mata pelajaran PAI di kelas VIIIA semester ganjil 2021/2022 SMPN 2 Kusan Hulu.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan Metode Driil observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil aktivitas belajar peserta didik pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikanapa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikan sesuai dengan fenomena.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat belajar siswa kelas VIII A dalam pembelajaran mata pelajaran PAI mengalami peningkatan. Pada pra siklus minat belajar siswa 43,75%, Pada siklus 1 sebesar 58,12 % dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 14,37%, kemudian pada siklus II sebesar 70,82%, mengalami peningkatan 12,7 %. Dari hasil penelitian di atas membuktikan bahwa dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI khususnya dalam materi mengonsumsi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.