UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS XII MIPA SMAN 1 BELAWANG

Fahrujjaini Fahrujjaini

Abstract


Masih rendahnya aktifitas belajar membua peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Tujuan dari penerapan metode ini adalah agar siswa memiliki aktivitas belajar yang tinggi melalui desain pembelajaran yang kooperatif dan kondusif serta partisipatif sehingga mereka akhirnya dapat menguasai materi pelajaran dengan baik.

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah mendapat gambaran tentang tingkat rata-rata aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam seta mendapat gambaran tingkat rata-rata aktivitas siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam tentang materi Iman Kepada Hari Akhir setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Setelah itu bagaimana model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Belawang pada kelas XII MIPA berjumlah 24 orang, 10 laki-laki dan 14 perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Berdasarkan analisis data selama siklus I, dan II dapat disimpulkan: (1) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning menjadi alternatif pada materi Iman Kepada Hari Akhir, (2)) Melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan perubahan suasana kelas yang cenderung demokratis dan perubahan sikap peneliti untuk lebih peduli terhadap suasana kelas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.