MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PAI SMAN-1 BELAWANG

Fahrujjaini Fahrujjaini

Abstract


Masih rendahnya aktifitas belajar membua peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Tujuan dari penerapan metode ini adalah agar siswa memiliki aktivitas belajar yang tinggi melalui desain pembelajaran yang kooperatif dan kondusif serta partisipatif sehingga mereka akhirnya dapat menguasai materi pelajaran dengan baik. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah mendapat gambaran tentang tingkat rata-rata aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam seta mendapat gambaran tingkat rata-rata aktivitas siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam tentang materi Iman Kepada Hari Akhir setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Setelah itu bagaimana model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Belawang pada kelas XII MIPA berjumlah 24 orang, 10 laki-laki dan 14 perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Berdasarkan analisis data selama siklus I, dan II dapat disimpulkan: (1) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning menjadi alternatif pada materi Iman Kepada Hari Akhir, (2)) Melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan perubahan suasana kelas yang cenderung demokratis dan perubahan sikap peneliti untuk lebih peduli terhadap suasana kelas.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir, 1992. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi Abu, dkk., 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Rulam. 2016. Pengantar Pendidikan Asas Dan Filsafat

Ali, Mohammad. 2014. Metodologi Dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Arkasa

Amin, Al Fauzan. 2015. Metode Dan Model Pembelajaran AgamaIslam. IAIN Bengkulu: Vanda Marcon

Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Arikunto, Suharsimi, dkk., 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyo, Agus N .2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogjakarta: Diva Press

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama Republik Indonesia. 1999. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: CV. Semarang Mandiri.

Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Model-model Pembelajaran yang Efektif.

Elliot J. 2001. Action Research for Educational Change. Great Britain: Bidles Ltd.

Ghofar dan Jamil. 2003. Reformasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pedoman Dosen, Guru dan Mahasiswa. Jakarta. Nurinsari.

Jihad, asep. 2013. Evaluasi Dan Pembelajaran. Yogyakarta: multi pressindo

Kemendikbud, 2016, Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Jakarta.

M. Sobary Sutikno, 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Mahmud, dkk., 2009. Modul Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategi dan Mental Vocational Skill. Yogjakarta: Diva Press

Paizaluddin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: AlfabetaWahidin, 2006. Pembelajaran Konvensional. Surabaya

Ruswandi, Uus., dkk., 2009. Teori Kepribadian dan Etika Guru. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati.

Sanjaya,wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendididkan. Jakarta: kencana

Sardiman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sitiatava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press

Soeito, Samuel, 1982. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sudjana nana. 2004. PenilaianHasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya

Sudjarwo, dkk., 2007. Proses Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjono, Anas. 2012. Pengantar Statistik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Surawan, 2019. "Pernikahan Dini; Ditinjau dari Aspek Psikologi". Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 2.

Thobroni. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz


Refbacks

  • There are currently no refbacks.